9 Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa, Simak Penjelasan Lengkapnya

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa – Ban adalah salah satu komponen penting yang ada pada kendaraan. Baik sepeda motor maupun mobil. Kendaraan tersebut memang harus memerlukan pertimbangan yang sangat matang ketika memilih menggunakan jenis ban. Seperti kita ketahui bahwa ada 2 jenis ban yang saat ini diterapkan pada semua jenis kendaraan, yakni ban tubeles dan juga ban biasa atau dikenal juga dengan Tube. Dengan memilih jenis ban berkualitas, nantinya aktivitas berkendara tentu akan lebih maksimal.

Ketika ban terpasang pada kendaraan dan sudah mengalami kerusakan parah akibat penggunaan dalam jangka waktu lama atau akibat hantaman yang menimpanya, hal ini tentunya akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Maka dari itu, memilih dan menggunakan ban memang harus benar-benar tepat dan disesuaikan dengan berbagai kondisi. Di dalam dunia otomotif, penggunaan ban tubeles memang sudah lebih banyak diminati oleh kalangan masyarakat jika dibandingkan dengan Tube Type.

Ada banyak orang kerap bertanya apa saja perbedaan ban tubeless dan biasa. Nah di pembahasan kali ini tim otoplus.id akan membahas secara detail mengenai perbedaan antar kedua ban tersebut. Memang secara sepintas, kedua ban ini tidak memiliki perbedaan yang begitu mencolok. Padahal ada banyak perbedaan yang harus kalian ketahui antara ban tubeless dan biasa (Tube). Bukan hanya dibedakan dari daya tahannya saja, namun masih ada beberapa perbedaan lainnya seperti daya tahan, komponen, material dan juga harga jual antara ban tubeles dan ban biasa.

Penting diketahui juga bahwa saat ini hampir semua kendaraan keluaran terbaru baik motor ataupun mobil memang sudah menggunakan jenis tubeless. Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa ban tubeles memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan ban biasa. Akan tetapi bukan berarti ban tubeles tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan dimiliki oleh ban tubeles yang nantinya juga akan kami singgung sedikit bersamaan dengan pembahasan utama kali ini mengenai perbedaan ban tubeless dan ban biasa. Baiklah daripada penasaran mengenai perbedaan keduanya, langsung saja simak perbedaan ban tubeless dan biasa berikut ini.

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Sekilas Tentang Ban Tubeless dan Ban Biasa

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan utama mengenai perbedaan ban tubeless dan Tube Type. Disini kami akan membahas lebih dulu mengenai apa itu ban tubeless dan juga apa itu Tube Type. Mengenai apa itu tubeles, ban Tubeless merupakan jenis ban yang dirancang tanpa memiliki bagian dalam atau ban dalam seperti halnya Tube Type. Dengan menggunakan desain seperti ini, bisa dikatakan ban tubeles relatif lebih aman dari masalah kebocoran karena memiliki tekstur kuat dan tebal jika dibandingkan jenis roda biasa, akan tetapi bukan berarti ban ini tidak bisa bocor.

Untuk informasi lebih detail terkait ban tubeless, kalian bisa simak apa itu ban tubeless yang sudah kami sampaikan di pertemuan sebelumnya. Kemudian untuk informasi terkait ban biasa, ban biasa atau dikenal juga dengan Tube merupakan ban yang menggunakan ban dalam (Tube), yaitu jenis ban paling sering ditemui di jalanan. Ban ini bisa digunakan di semua jenis velg. Tidak seperti tubeless yang hanya bisa dipasang di velg Casting Wheel.

Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Nah masuk ke pembahasan inti mengenai perbedaan ban tubeless dan biasa. Di bawah ini kami telah menyiapkan beberapa poin yang menjadi pembeda diantara kedua jenis ban tersebut. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. Harga Ban

Perbedaan pertama adalah mengenai harga dari kedua ban tersebut. Harga ban tubeles pastinya akan relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis Tube. Dimana perbedaan harga bisa antara 30% hingga 50% dari harga ban biasa.

Jenis BanHarga
Ban Tubeless MotorRp 142.000 – Rp 350.000
Ban BiasaRp 115.000 – Rp 190.000

Penting diketahui juga bahwa untuk setiap harga, baik tubeless maupun biasa memiliki harga berbeda-beda di setiap merk nya. Maka dari itu untuk mengetahui lebih jelas terkait harga ban tersebut, kalian bisa langsung bertanya ke bengkel atau toko ban resmi di daerah kalian.

2. Daya Tahan

Seperti sudah kami singgung diatas bahwa ban tubeless memang memiliki daya tahan lebih baik dibandingkan dengan ban biasa. Hal ini bisa diketahui bahwa ban tubeless memiliki jargon anti bocor. Karakter tubeless yang kokoh hingga cocok digunakan di berbagai jenis medan jalan menjadikannya lebih banyak dipilih. Namun ada perbedaan yang kali ini membuat ban biasa lebih unggul, dimana ban biasa mampu meredam berbagai jenis getaran karena adanya tambahan bantalan dari ban dalam. Inilah yang membuat kenyamanan berkendara lebih baik ketika melewati jalan aspal walaupun dalam kecepatan rendah. Akan tetapi jika sudah melewati jalan berbatu, ban biasa akan lebih cepat rusak.

3. Tingkat Kebocoran

Perbedaan tubeless dan biasa juga bisa dilihat dari sisi kebocoran. Apabila tubeless ter tancap benda tajam, kalian hanya perlu melepaskan benda tersebut kemudian menutup lubang dengan cairan anti bocor sehingga masih dapat digunakan kembali. Namun kelemahannya adalah jika sudah bocor parah dan kehabisan angin, tidak semua bengkel bisa memperbaiki masalah tersebut. Berbanding terbalik dengan ban biasa yang memang lebih mudah bocor ketika terkena benda tajam seperti paku atau lainnya. Namun perbaikan ban biasa ini relatif lebih mudah.

4. Komponen Ban

Untuk segi komponen, komponen daripada ban tubeles ini hanya terdiri dari ban dan pelek saja. Akan tetapi untuk ban biasa jauh lebih banyak. Ada ban dalam, pelek, ban luar, Flap, sampai Lock Ring. Versi tubeles memang dikenal lebih simpel, namun tetap modern karena didukung lapisan Fluid Sealant sebagai pengganti ban dalam.

5. Material Ban

Perbedaan berikutnya ada pada material ban. Walaupun umumnya sama-sama menggunakan material karet, namun jenis tubeless dilengkapi dengan lapisan Fluid Sealant berfungsi mempertahankan kerapatan ban. Disamping itu ban biasa menggunakan ban dalam atau Inner Tube. Fluid sealant sendiri dinilai sangat baik untuk membuat ban tidak mudah bocor karena secara otomatis akan merapatkan bagian yang terkena benda tajam.

6. Kenyamanan Ban

Lalu untuk perbedaan terakhir adalah dari segi kenyamanan berkendara. Ban Tube Type dengan tekanan keras akan tetap mampu membawa rasa nyaman selama berkendara. Namun berbeda dengan tubeless, jika terlalu banyak tekanan angin akan menjadi sangat tidak nyaman. Begitu pula ketika melewati jalanan basah dan licin karena hujan. Ban Tubeles juga membawa rasa tidak nyaman, sedangkan ban biasa jauh lebih aman dan kuat.

Kelebihan Ban Tubeless dan Ban Biasa

Setelah selesai membahas mengenai perbedaan diantara kedua jenis ban tersebut. Berikutnya kalian juga bisa simak kelebihan dan kekurangan ban tubeles maupun ban biasa berikut ini.

Kelebihan Tubeless

  • Tahan Bocor Lebih Lama
  • Praktis Tanpa Ban Dalam
  • Lebih Nyaman Saat Menikung
  • Lebih Awet
  • Aman Saat Hujan

Kelebihan Ban Biasa

  • Harga relatif lebih murah
  • Memiliki pegangan lebih baik
  • Terhindar dari masalah kehilangan tekanan udara
  • Tidak mudah panas
  • Kebocoran mudah diperbaiki hampir di setiap bagian ban

Kesimpulan

Melihat pembahasan diatas mengenai perbedaan ban tubeless dan ban biasa, disini kami bisa menarik kesimpulan bahwasanya ban tubeles memang lebih unggul dibandingkan dengan jenis Tube Type. Akan tetapi ada beberapa poin yang menjadi pembeda mengapa ban biasa juga bisa menjadi pilihan utama. Berbicara terkait pilihan, semuanya tentu terserah kepada kalian semua apakah akan memilih tubeless atau Tube Type.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak dan pahami diatas mengenai perbedaan ban tubeless dan ban biasa. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat otoplus.id sampaikan, semoga dengan adanya pembahasan diatas kalian bisa dengan mudah menemukan pilihan untuk penggunaan tubeless ataupun jenis Tube Type.

Tinggalkan komentar

Tentang Otoplus.id

Otoplus.id adalah website otomotif Indonesia yang membagikan berita otomotif terbaru dan yang sedang trending selengkapnya....

Sosial Media Otoplus