Biaya Asuransi Motor 2022 : Jenis & Simulasi Perhitungan

Otoplus.id – Kalian mungkin pernah mendengar istilah asuransi kendaraan bermotor bukan? Seperti diketahui bahwa jumlah kendaraan bermotor memang semakin banyak, hal ini bisa kita lihat di jalan raya banyak sekali kendaraan bermotor yang terkadang menjadi penyebab kemacetan parah. Hal ini tentu sangat meningkatkan berbagai macam risiko, mulai dari kecelakaan, pencurian, bencana dan lain sebagainya. Maka tak heran jika banyak perusahaan asuransi berlomba untuk menghadirkan produk asuransi motor untuk masyarakat di Indonesia.

Pembahasan lengkap terkait asuransi motor sebenarnya sudah kami bahas di pertemuan sebelumnya mengenai asuransi motor terbaik di Indonesia. Kalian bisa membaca detail mengenai apa yang dimaksud dengan asuransi motor, jenis dan lain sebagainya disana. Untuk melengkapi pembahasan kali ini, otoplus.id akan menjelaskan kembali sedikit mengenai apa yang dimaksud dengan asuransi motor. Secara sederhana, asuransi motor adalah pertanggungan kerusakan atau kerugian terhadap kendaraan bermotor.

Berbicara mengenai asuransi kendaraan bermotor, kalian tentu akan dihadapkan dengan yang namanya biaya atau premi di setiap bulannya. Biaya asuransi motor tersebut juga berbeda-beda tergantung daripada perusahaan asuransi yang menyediakannya. Mungkin banyak diantara kalian yang masih bimbang mencari asuransi kendaraan bermotor karena belum mengetahui besaran biaya atau premi yang dibayarkan. Disini kami akan menjelaskan secara detail terkait informasi biaya asuransi kendaraan bermotor dan juga simulasi perhitungan biaya asuransi motor tersebut.

Sebagai informasi, biaya asuransi motor yang akan kami sampaikan disini juga kami rangkum dari beberapa sumber. Seperti dijelaskan diatas juga bahwa setiap perusahaan asuransi seperti halnya Adira, Sinarmas dan lainnya juga memberikan besaran biaya yang berbeda-beda. Baiklah daripada penasaran terkait pembahasan kali ini mengenai biaya asuransi kendaraan bermotor. Berikut ini bisa langsung kalian simak informasi terlengkap mengenai biaya asuransi motor, penjelasan lengkap serta simulasi perhitungan tarif dan premi asuransi kendaraan bermotor yang telah kami siapkan berikut ini.

Biaya Asuransi Motor

Apa Itu Biaya Asuransi Motor?

Sebelum kita berlanjut ke pembahasan utama mengenai biaya asuransi motor. Disini kami akan menjelaskan lebih dulu mengenai apa yang dimaksud dengan biaya atau premi asuransi motor. Premi asuransi motor adalah biaya asuransi yang harus dibayarkan oleh tertanggung untuk mendapatkan manfaat pertanggungan untuk sepeda motor. Besaran biaya asuransi motor tersebut juga berbeda-beda, tergantung dari kondisi kendaraan, wilayah, jenis polis dan jaminan tambahannya.

Perbandingan Premi atau Biaya Asuransi Motor

Seperti dijelaskan diatas bahwa biaya atau premi asuransi motor ini berbeda-beda pada setiap perusahaannya. Begitu pula dengan jenis motor yang digunakan. Setidaknya ada beberapa faktor yang menentukan besaran premi asuransi motor, yaitu:

  • Umur kendaraan bermotor
  • Tipe atau varian model kendaraan bermotor
  • Perluasan jaminan (jika ada)
  • Kode wilayah plat nomor

Penting diketahui juga bahwa perhitungan premi atau tarif asuransi motor juga sudah diatur oleh Surat Edaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Nomor 6/SEOJK.05/2017. Surat edaran ini menjelaskan bahwa persentase premi batas bawah dan atas sesuai dengan jenis/kategori kendaraan serta wilayah kalian menggunakan kendaraan tersebut.

Simulasi Perhitungan Biaya Asuransi Motor

Setelah mengetahui penjelasan diatas mengenai perbandingan bea asuransi motor. Berikutnya kita masuk ke poin simulasi perhitungan biaya asuransi motor. Di bawah ini juga telah kami siapkan rumus untuk menghitung premi, yakni sebagai berikut:

  • Persentase premi X harga On The Road (OTR) Motor + biaya administrasi

Berikutnya kalian juga harus mengetahui simulasi premi asuransi motor. Berdasar pada Surat Edaran OJK RI Nomor 6/SEOJK.05/2017. Di bawah bisa kalian simak cara menghitung tarif asuransi motor Comprehensive dan TLO dengan mudah berikut ini.

1. Perhitungan Biaya Asuransi Motor Adira Finance

Jenis AsuransiUang PertanggunganWilayah 1Wilayah 2Wilayah 3
ComprehensiveSemua Pertanggungan3,18-3,50%3,18-3,50%3,18-3,50%
TLOSemua Pertanggungan 1,76-2,11%1,80-2,16%0,67-0,80%
Wilayah 1 : Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya
Wilayah 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten
Wilayah 3 : Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2

Jika kalian membeli kendaraan bermotor dengan harga Rp 15 jutaan dengan menggunakan KTP DKI Jakarta. Adapun perhitungannya adalah sebagai berikut.

  • Comprehensive : 3,18%XRp.15.000.000 Rp477.000
  • TLO : 1,80%XRp15.000.000 Rp270.000

Simulasi perhitungan diatas menunjukkan angka premi untuk asuransi Comprehensive yang harus dibayarkan per tahun adalah sebesar Rp 477.000. Sedangkan untuk TLO sebesar Rp 270.000. Ingat, bahwa perhitungan diatas masih sebatas simulasi, maka untuk mendapatkan besaran biaya pasti kalian bisa langsung bertanya ke pihak terkait.

2. Perhitungan Premi Asuransi Motor Sinarmas

Selanjutnya untuk simulasi perhitungan premi asuransi motor Sinarmas. Untuk contoh perhitungannya, kalian bisa simak di bawah ini:

  • Usia motor: 5 tahun
  • Harga: Rp 27 juta
  • Biaya admin: Rp 30 ribu
  • Maka, premi yang harus dibayarkan adalah:
  • 2,5% x harga on the road motor + biaya admin
  • 2,5% x Rp 27.000.000 + Rp 30.000 = Rp 705.000

Biaya premi yang wajib dibayarkan per tahun untuk motor dengan data diatas adalah sebesar Rp 705.000. Jika motor baru dibeli secara kredit, maka penambahan premi ada pada cicilan di setiap bulannya. Biaya tersebut akan dikembalikan secara short period/penalty jika periode pertanggungan belum mencapai 8 bulan. Namun jika tertanggung menjual kendaraan tersebut dengan periode polis melebihi 8 bulan, maka premi tidak akan dikembalikan.

3. Perhitungan Premi Adira

Kemudian untuk biaya premi asuransi Adira, kami dapatkan dari situs resminya bahwa perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Jika tertanggung A memiliki kendaraan dengan harga Rp 20.000.000 untuk produk Garda Motor dengan jaminan TLO dan tarif 1,80%.
  • Besaran preminya adalah Rp 20.000.000 x 1,80% = 410.000 ditambah biaya administrasi polis.

Jika pada masa periode asuransi terjadi kerusakan atau kerugian total kendaraan karena pencurian dan setelah diestimasi harga sebenarnya sesaat sebelum terjadi kerugian sebesar Rp 19.500.000, maka tertanggung akan mendapatkan penggantian sebesar Rp 19.500.000 dikurangi risiko sendiri sesuai yang tertera pada ikhtisar pertanggungan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai biaya asuransi motor. Disini bisa disimpulkan bahwa setiap biaya yang dikeluarkan akan berbeda-beda tergantung dari wilayah, jenis kendaraan dan juga perusahaan asuransi yang dipilih. Informasi tersebut sudah kami sampaikan diatas beserta juga dengan simulasi perhitungan. Perhitungan diatas juga hanya sekedar simulasi, untuk mendapatkan jawaban pasti akan biaya yang harus dibayarkan kalian bisa menghubungi perusahaan asuransi terkait.

Itulah beberapa informasi yang bisa kalian simak diatas mengenai biaya asuransi motor. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa otoplus.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan komentar

Tentang Otoplus.id

Otoplus.id adalah website otomotif Indonesia yang membagikan berita otomotif terbaru dan yang sedang trending selengkapnya....

Sosial Media Otoplus