44 Komponen Mesin Mobil Terlengkap Semua Jenis dan Fungsi

Komponen Mesin Mobil – Pada sebuah mobil, kita tahu bahwa ada banyak sekali komponen atau bagian-bagian dengan peran yang cukup penting. Salah satunya adalah bagi pada mesin mobil. Komponen yang ada pada mesin mobil ini menjadi piranti utama yang dibutuhkan sebuah mobil sebagai sistem penggeraknya, sehingga nantinya mobil bisa berjalan, baik maju, mundur atau belok.

Melihat dari fungsinya yang memang sangatlah penting, mesin mobil juga masih akan terbagi menjadi beberapa bagian. Bagian tersebut diantaranya ada mesin silinder, blok silinder sistem pendingin dan beberapa bagian penting lainnya. Dimana perlu diketahui bahwa setiap bagian tersebut akan memiliki peran penting sendiri-sendiri untuk membuat keseluruhan fungsi mesin pada mobil dapat bekerja maksimal.

Di dalam bagian mesin tersebut juga masih ada beberapa komponen lainnya yang akan saling berhubungan. Ketika ada salah satu komponen mesin mobil yang bermasalah, ini akan memicu masalah bahkan bisa menyebabkan keseluruhan fungsi dari mesin mobil tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Hal ini tentu akan membuat mobil bermasalah dan harus segera dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

Maka dari itu, untuk menjaga fungsi dari tiap-tiap komponen mesin tersebut, kita harus selalu melalukan perawatan mobil secara rutin, baik perawatan ringan maupun perawatan berat. Baiklah tanpa berlama-lama lagi lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai komponen mesin mobil yang telah otoplus.id siapkan berikut ini.

Komponen Mesin Mobil

Daftar Komponen Mesin Mobil

Pada pembahasan kali ini kami akan langsung fokus ke pembahasan mengenai daftar lengkap komponen mesin mobil. Ada banyak sekali komponen yang ada pada bagian mesin mobil. Nah untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dan juga fungsi tiap-tiap komponen mesin mobil yang telah kami siapkan di bawah ini.

Komponen Pada Kepala Silinder

1. Kepala Silinder

Komponen pertama adalah kepala silinder. Komponen ini merupakan bagian mesin yang ditempatkan secara bersamaan dengan blok silinder. Pada bagian ini terdapat sebuah ruang bakar serta dudukan busi. Bukan hanya itu saja, kalian juga akan melihat sebuah mekanisme katup.

2. Katup Hisap

Katup hisap menjadi komponen mesin mobil yang terdapat pada bagian kepala silinder. Fungi utamanya untuk  membuka saluran hisap agar proses in take udara yang dibutuhkan di dalam ruang bakar akan terpenuhi.

3. Katup Buang

Berbanding terbalik dari fungsi katup hisap, fungsi katup buang yaitu untuk membuka saluran buang. Dengan begitu gas sisa pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar akan bisa di lepaskan ke udara bebas melalui knalpot mobil.

4. Poros Nok

Ada juga komponen dengan nama Poros Nok. Poros Nok berfungsi untuk mengatur kapan katup hisap dan buang akan membuka. Proses pembukaan katup tersebut akan mengfungsikan nok yang dibuat dengan memiliki sudut kemiringan tertentu.

5. Rocker Arm

Komponen selanjutnya ada Rocker Arm. Fungsi rocker arm sendiri menjadi tempat nok menekan batang katup buang dan hisap serta berfungsi untuk mengatur seberapa lebar celah katup.

6. Cylinder Head Cover

Sesuai namanya, Cylinder Head Cover berfungsi untuk menutup bagian dalam kepala silinder yang didalamnya terdisi komponen-komponen mekanisme katup.

7. Busi

Busi menjadi salah satu komponen yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Fungsi utama busi adalah untuk memercikan bunga api pada saat langkah pembakaran terjadi di dalam ruang bakar.

8. Intake Manifold

Fungsi komponen mesin mobil yang ada di bagian kepala silinder ini yaitu untuk menjadi saluran udara di saat akan memasuki ruang silinder. Tidak hanya itu saja, komponen intake manifold juga difungsikan untuk bisa menciptakan kevakuman didalam ruang bakar.

9. Exhaust Manifold

Exhaust manifold memiliki fungsi sebagai saluran gas pembuangan sisa pembakaran. Gas tersebut akan melalui komponen exhaust manifold lalu akan disarlurkan melalui knalpot mobil agar keluar ke udara bebas.

Komponen Pada Blok Silinder

10. Blok silinder

Ada banyak jenis blok silinder mesin yang ada saat ini. Tetapi dari semua jenis tersebut, fungsi utamanya tetaplah sama yaitu sebagai penopang berbagai komponen mesin lain serta menjadi tempat untuk naik dan turunnya piston.

11. Gasket

Gasket merupakan komponen mesin silinder yang memiliki bentuk pipih dan terbuat dari bahan yang kuat. Fungsinya sebagai seal untuk merapatkan sambungan antara blok silinder dan juga kepala silinder agar pelumas yang terdapat didalamnya tidak keluar.

12. Piston

Didalam bagian blok silinder kita akan menemukan sebuah komponen mesin mobil bernama piston. Fungsi utamanya sebagai pengubah volume yang terdapat di dalam ruang silinder.

13. Ring Piston

Ring piston juga menjadi salah satu komponen mesin mobil yang cukup penting. Fungsi ring piston sendiri untuk merapatkan piston dengan dinding blok silinder agar tidak terjadi kebocoran pada saat langkah kompresi berlangsung.

14. Batang Penggerak

Sesuai dengan namanya, batang pernggerak merupakan komponen mesin mobil yang memiliki fungsi sebagai penghubung antara piston dengan poros engkol

15. Poros Engkol

Sementara poros engkol, menjadi bagian atau komponen yang akan digunakan untuk mengubah energi naik dan turunnya piston menjadi sebuah gerak putar.

16. Carter/Oil Pan

Merupakan komponen penampung oli mesin sebagai pelumas seluruh komponen mesin agar tidak keluar dari dalam mesin.

17. Drain Plug

Drain Plug merupakan komponen penampung oli mesin sebagai pelumas seluruh komponen mesin agar tidak keluar dari dalam mesin.

18. Pulley Mesin

Pulley mesin memiliki fungsi sebagai media pemutar komponen lain yang bertugas sebagai pelengkap mesin mobil dengan menggunakan sebuah media sebuah driver belt.

19. Flywheel

Pada bagian blok silinder juga terdapat komponen bernama Flywheel. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan energi yang dimiliki mesin ke bagian kopling mobil. Selain itu digunakan juga untuk menyimpan energi mesin agar putaran yang dihasilkan lebih stabil.

Komponen Pada Front Engine Compartment

20. Timing Chain Assembly

Komponen mesin mobil yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan putaran engkol dengan putaran camshaft. Hal ini bertujuan agar membuat mekanisme katup bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

21. Timing Chain Cover

Fungsi utamanya sebagai penutup timing chain assembly agar terhindar dari berbagai macam kotoran seperti debu atau yang lainnya.

22. Motor Starter

Lalu ada juga Motor Starter. Motor Starter memiliki tugas yang penting pada saat mesin mobil dihidupkan di awal putarannya. Karena lewat komponen ini energi listrik dari aki mobil akan diubah menjadi energi putar.

23. Driver Belt

Driver Belt dibuat dari bahan karet berkualitas yang memiliki kemampuan sangat kuat. Fungsi daripada komponen ini adalah sebagai penghubung antara pulley mesin dengan komponen mesin lainnya seperti alternator atau lainnya.

24. Oil Cap

Oil Cap menjadi komponen mesin mobil yang juga bisa dibilang penting. Hal ini dikarenakan Oil Cap memiliki fungsi untuk menutup bagian oli mesin serta sebagai media untuk pengisian ulang oli ke dalam mesin ketika dilakukannya penggantian oli karena sudah kotor.

Komponen Pada Sistem Pendingin

25. Radiator

Fungsi utama dari komponen radiator mobil yaitu sebagai sistem pendingin mesin dengan cara menyerap panas lewat air radiator yang kemudian akan di dinginkan melalui sirip-sirip pendingin yang ada didalam bagian radiator. Bisa dikatakan komponen ini harus benar-benar diperhatikan, agar nantinya tidak ada kendala seperti radiator mobil rusak dan lain sebagainya.

26. Tutup Radiator

Tutup radiator merupakan komponen sistem pendingin mesin mobil yang cukup penting. Tidak seperti tutup lainnya, pada bagian ini terdapat dua buah mekanisme katup yaitu relief valve dan vacuum valve. Sementara fungsi utama dari tutup radiator sendiri untuk dapat menaikkan titik didih air radiator serta menjaga air tersebut agar tidak mendidih pada suhu 100 derajat celcius.

27. Thermostat

Thermostat berfungsi untuk menjaga suhu air pendingin yang berada di dalam radiator. Selain itu komponen mesin mobil ini juga digunakan untuk mempercepat mesin mencapai suhu kerja.

28. Cooling Fan

Cooling Fan merupakan komponen dengan fungsi untu membantu proses pendinginan air radiator yang memiliki suhu panas saat melewati sirip radiator.

29. Reservoir Tank (Tangki Cadangan)

Reservoir atau tangki cadangan adalah salah satu komponen sistem pendingin mobil yang berfungsi untuk tempat penampungan atau tempat cadangan air radiator. Fungsi lain dari komponen ini juga sebagai penampung uap air yang muncul saat mesin mobil terasa begitu panas.

30. Upper Hose dan Lower Hose

Ada juga Upper Hose dan Lower Hose. Komponen ini berupa slang yang berfungsi sebagai penyalur air pendingin dari mesin ke bagian radiator. Selain itu juga untuk menyalurkan air pendingin dari radiator ke mesin (lower hose).

31. Water Temperatur Sensor

Berikutnya ada water temperatur sensor. Komponen ini merupakan komponen yang ada pada sistem pendingin mesin mobil. Fungsinya sebagai pengukur suhu air radiator. Jika sensor tersebut membaca suhu terlalu panas, maka akan memuat kipas radiator berputar dengan begitu cepat, sementara jika sensor tersebut mendeteksi suhu sudah normal, kipas radiator akan secara otomatis berhenti.

32. Water Jacket

Agar suhu mobil tetap dingin, ada komponen yang bernama water jacket. Komponen ini terdapat di bagian dalam blok silinder. Fungsinya adalah sebagai jalur air pendingin yang ada pada sistem pendingin mobil.

33. V-belt (Sabuk Penggerak)

Sama halnya dengan Driver Belt, V-Belt ini memiliki fungsi  untuk menggerakan kipas pendingin serta beberapa komponen lainnya yang membutuhkan sebuah putaran untuk bisa bergerak. Seperti halnya pompa air, alternator AC serta yang lainnya.

Komponen Pada Sistem Pengisian

34. Alternator

Ada juga Alternator. Komponen ini memiliki fungsi untuk menghasilkan arus listrik yang akan digunakan untuk mengisi aku mobil.

35. Regulator

Lalu ada komponen bernama regulator. Fungsi daripada komponen ini adalah sebagai pengatur output tegangan yang dihasilkan alternator agar tetap stabil berada di angka 13,8 Volt sampai 14,8 Volt.

36. Baterai

Ada juga komponen baterai atau lebih dikenal dengan nama aki mobil. Fungsi utama aki mobil yakni untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh alternator. Untuk nantinya energi tersebut dipakai sebagai penyuplai sistem pengapian, sistem kelistrikan serta sebagai penggerak awal mesin mobil.

Komponen Pada Sistem Pelumasan

37. Pompa Oli (Oil Pump)

Berikutnya ada pompa oli atau Oil Pump. Fungsi utamannya jelas sebagai alat untuk memompa oli mesin agar bisa melumasi seluruh komponen mesin mobil yang berada pada jalur pelumasan.

38. Saringan Oli (Filter Oil)

Lau ada saringan oli atau Filter Oil. fungsi utama dari saringan ini digunakan untuk menyaring kotoran-kotoran yang terdapat didalam oli.

39. Saringan Kasa Oli

Saringan kasa oli ada di bagian kalter alu oli pan. Fungsinya sebagai penyaring kotoran yang ada di dalam oli mesin yang terdapat di bagian kalter. Agar disaat oli tersebut disedot dan di pompa oleh oil pump sudah dalam kondisi bersih.

Komponen Pada Sistem Bahan Bakar

40. Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank)

Untuk bagian lain dalam sebuah mesin mobil adalah sistem bahan bakar. Pada sistem bahan bakar ini ada beberapa komponen lain seperti tangki bahan bakar atau Fuel Tank. Fungsi utama tangki bahan bakar adalah sebagai tempat penampungan bahan bakar.

41. Saringan Bahan Bakar (Fuel Filter)

Sama halnya dengan saringan oli, pada bagian sistem bahan bakar juga ada komponen bernama saringan bahan bakar atau Fuel Filter. Komponen satu ini berfungsi sebagai penyaring kotoran yang ada pada bahan bakar agar ketik masuk ke dalam karburator sudah dalam keadaan bersih.

42. Saluran Bahan Bakar

Sebagai saran penyalur bahan bakar agar sampai ke karburator, biasanya terdapat sebuah komponen berupa slang atau pipa. Selang dan pipa tersebut juga termasuk dalam komponen saluran bahan bakar.

43. Pompa Bahan Bakar

Pada sebuah rangkaian mesin mobil, bisa dikatakan ada beberapa komponen pompa yang dibutuhkan. Selain pompa oli dan pompa air pendingin, ada juga komponen pompa bahan bakar atau sering juga disebut dengan Fuel Pump.

44. Karburator

Dan untuk komponen mesin mobil yang terakhir ada karburator. Di sebuah mobil ada beberapa jenis karburator yang biasanya digunakan. Fungsi utama komponen satu ini adalah untuk mencampur udara dan bahan bakar dengan perbandingan yang tepat antara bahan bakar dan udara sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ketika mesin mobil bekerja.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai daftar lengkap komponen mesin mobil dan fungsinya. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat otoplus.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Photo of author

Kevin

Previous

7 Rekomendasi Ban Dalam Motor yang Bagus dan Berkualitas!!

Next

Daftar Ukuran Liner Semua Motor & Batas Aman Ketebalan

Hubungi Kami

Tentang Otoplus.id

Otoplus.id adalah website otomotif Indonesia yang membagikan berita otomotif terbaru dan yang sedang trending selengkapnya....

Sosial Media Otoplus

© Otoplus.id

Kontak Disclaimer Privacy Pedoman Term