2 Cara Mengatasi Karbu Banjir Semua Tipe Motor & Tips Agar Tidak Bocor

Cara Mengatasi Karbu Banjir – Hampir kebanyakan motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem pembakaran menggunakan injeksi, akan tetapi masih banyak juga orang menggunakan kendaraan berteknologi karburator. Sekilas memang berbeda jauh dengan teknologi sekarang ini dimana diklaim lebih irit bila dibandingkan dengan karbu, oleh karena itu banyak orang lebih suka kendaraan injeksi.

Setiap jenis pembakaran pada sebuah kendaraan terutama motor roda dua, masing masing memiliki kelebihan serta kekurangan dan hal ini memang wajib kalian ketahui. Dengan mengetahui perbedaan antara keduanya maka bisa menentukan mau menggunakan teknologi yang mana ketika menentukan motor sebagai penunjang segala aktivitas setiap harinya.

Bila berbicara soal motor dengan teknologi karbu memang sering mengalami permasalahan seperti karbu banjir atau bocor, hal ini tentu bika repot bagi setiap pengguna. Bahkan efek samping dari penyakit tersebut menyebabkan konsumsi bahan bakar sangat boros, selain itu juga membuat kendaraan susah hidup terlebih jika semalaman tidak dihidupkan.

Lantas bagaimana solusi untuk cara mengatasi permasalahan karburator banjir, apakah harus mengganti yang baru atau terdapat cara mengatasi karbu banjir ? Menurut pengalaman mimin yang memiliki kendaraan karbu banjir, tidak perlu diganti dengan baru. Sebab terdapat solusi untuk cara mengatasi hal tersebut, apabila penasaran cara mengatasi karbu banjir seperti apa dapat simak sebagai berikut.

Mengenal Karbu kendaraan

Memang banyak orang sudah mengenal karbu atau karburator, tetapi hampir sebagian besar belum begitu mengerti sebenarnya fungsi utama dari komponen tersebut apa saja. Maka dari itu sebelum lanjut, terlebih dahulu informasikan atau mengenalkan yang namanya karburator motor.

Secara teknis karburator adalah sebuah komponen pada suatu kendaraan yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk mencampurkan antara udara dan bahan bakar pada satu tempat sehingga terjadi pembakaran. Dasar utamanya ialah mengubah cairan dalam bentuk kabut yang nantinya akan diteruskan ke komponen lain sehingga menjadi tenaga.

Meskipun dari sekian jenis motor sudah ada, pastinya akan memiliki tipe serta bentuk berbeda beda antara motor matic, Sport hingga 2 tak. Namanya juga karburator sudah pasti memiliki fungsi yang sama, karena itu sudah diatur sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan tenaga.

Komponen Karburator Motor

Setidaknya ada banyak komponen komponen pada sebuah karbu kendaraan, masing masing memiliki cara kerjanya sendiri sendiri. Sebagai contoh saja jarum katup pelampung atau Needle Valve memiliki fungsi sebagai penutup saluran suplai bahan bakar, secara otomatis akan tertutup apabila pada mangkuk pelampung sudah penuh.

Kemudian ada juga mangkuk karbu dimana berfungsi sebagai tempat untuk menampun bahan bakar sementara sebelum dicampurkan dengan udara dan menghasilkan pembakaran. Nah berikut beberapa komponen dari sebuah karbu kendaraan, agar lebih jelasnya simak sebagai berikut.

1. Mangkok Pelampung Karburator

Mangkok karbu atau Float Chamber merupakan komponen sebagai tempat buat menampung bahan bakar dari tangki kendaraan. Nantinya bahan bakar tersebut akan dialirkan ke ruang pembakaran bersamaan dengan udara didalam satu ruang.

2. Floater

Floater atau sering disebut pelampung memiliki fungsi sebagai pengatur pada mangkuk karbu, sehingga ketika bahan bakar sudah penuh maka secara otomatis aliran akan tertutup.

3. Jarum Katup Pelampung

Jarum katup pelampung atau Needle Valve memiliki fungsi sebagai penutup saluran suplai bahan bakar, dimana itu akan sinkronasi dengan floater.

4. Katup Gas

Throttle Valve atau katup gas salah satu komponen dengan fungsi untuk mengatur jumlah campuran antara udara dan bahan bakar dimana nantinya lanjut ke ruang pembakaran.

5. Pegas Katup Gas

Pegas katup mempunyai fungsi sebagai penutup pada saat tuas gas ditarik serta membalikkan katup kembali ke posisi semula pada saat proses deselerasi.

6. Slow Jet / Pilot Jet

Komponen ini memiliki fungsi utama sebagai pengatur aliran bahan bakar dari sistem, dimana Slow jet bisa menjadi penentu besaran bahan bakar yang akan masuk ke ruang pembakaran.

7. Main Jet

Tidak jauh berbeda dengan Slow Jet, komponen ini atau sering disebut spuyer memiliki fungsi sama dimana sebagai pengatur putaran rendah dan menengah.

8. Jet Needle

Jet Needle sebagai komponen memiliki tugas untuk mengatur jumlah campuran antara bahan bakar dengan udara dari awal pembukaan 1/4 sampai 3/4.

9. Needle Jet

Sedangkan untuk komponen ini sebagai pengatur besar kecilnya lubang yang berhubungan dengan venturi, selain itu ukuran dapat berubah sesuai seberapa besar bukaan throtlle valve.

10. Slow Air Jet / Slow Air bleed

Slow Jet memiliki peran penting pada sebuah karburator dimana sebuah lubang yang akan dialiri udara pada saat mesin pada putaran stasioner. Selain itu sebagai penentu besaran campuran meskipun ketika putaran rendah.

11. Main Air Jet

Sedangkan untuk komponen ini adalah komponen yang akan dialiri udara ketika mesin pada putaran sedang atau tinggi dan besar kecilnya juga mempengaruhi atomisasi bahan bakar sebelum melewati Main Jet.

12. Air Screw / Pilot Screw

Terakhir adalah Air Screw dimana memiliki fungsi untuk mengatur seberapa banyak udara yang akan masuk kedalam ruang bahan baka. Memiliki bentuk seperti baud namun memiliki fungsi sangat besar dalam proses pembakaran.

Cara Mengatasi Karbu Banjir

Lalu berlanjut ke pembahasan utama, sebelumnya kalian wajib untuk mencari penyebabnya dikarenakan apa agar lebih mudah mencari solusi cara mengatasi karena banjir. Baiklah, tanpa perlu lama lama langsung saja simak seperti dibawah ini.

1. Cara Mengatasi Karbu Banjir Tanpa Bongkar

Ada beberapa cara bisa kalian lakukan dan salah satunya tanpa membongkar karbu yang banjir, hanya saja cara ini besar kemungkinan kendaraan bisa hidup lagi tidak sebesar bongkar karbu. Namun apa salahnya jika menggunakan cara mengatasi ini terlebih dahulu, sebab setiap kendaraan akan berbeda beda contoh saja kendaraan Mio atau Fiz R jelas beda penanganannya.

Adapun caranya silahkan lepaskan terlebih dahulu busi pada mesin kendaraan, kemudian bersihkan terlebih dahulu seperti cara mengatasi busi mati. Setelah itu masukan pada cop busi kemudian lakukan kick stater untuk mengetahui apakah masih berfungsi atau tidak.

Ketika langkah langkah tersebut sudah dilakukan, maka proses berikutnya tinggal dipasang kembali ke mesin lalu tutup dengan cop busi. Setelah itu hidupkan menggunakan kick starter dan biasanya cara mengatasi ini berhasil dan mesin bisa kembali hidup.

2. Bongkar Karburator

Sedangkan cara kedua sudah pasti terbukti berhasil, cuma caranya jauh lebih ribet dan memakan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan cara pertama. Pasalnya harus melakukan bongkar karburator banjir terlebih dahulu, adapun caranya cukup mudah.

Ketika sudah mulai di bongkar silahkan bersihkan semua komponen didalam karbu tersebut termasuk juga mangkuk karburator. Apabila semua sudah dibersihkan silahkan pasang kembali seperti semua, pastikan juga tidak ada satu komponen yang ketinggalan.

Proses pemasangan juga harus sesuai dengan ketentuan dan pastikan jangan sampai ada yang kendor terutama pada bagian mangkuknya. Jika dirasa sudah terpasang semua maka langkah berikutnya tinggal hidupkan kembali mesin kendaraan kalian.

Sebelum menghidupkan lakukan kick starter tanpa hidupkan kontak bertFujuan agar bahan bakar mengalir ke karbu, jika dirasa sudah masuk baru kontak dihidupkan. Untuk menghidupkan juga menggunakan kick starter, jangan pakai elektrik starter.

Apabila mesin sudah hidup silahkan atur stasioner atau besaran udara yang masuk, hal ini wajib dilakukan agar kinerjanya dapat bekerja sesuai dengan ketentuan dan cara mengatasi ini sering dilakukan banyak orang.

Tips Agar Karbu Tidak Banjir Lagi

Tentu tidak ingin permasalahan seperti tersebut terulang lagi bukan, untuk itu pada pertemuan sangat baik ini dilengkapi dengan tips agar karbu tidak banjir lagi adapun untuk lebih jelasnya dapat simak sebagai berikut.

  • Selalu melakukan perawatan karbu secara rutin baik itu dilakukan sendiri dirumah maupun pada saat service rutin.
  • Jangan sekali sekali merubah pengaturan stasioner jika kalian tidak mengetahui tentang mesin.
  • Gunakan bahan bakar dengan kualitas bagus, setidaknya gunakan jenis Pertamax.
  • Pakai Karbu bawaan dari pabrikan atau original.

Kesimpulan

Bila mengacu dari penjelasan seperti diatas, langkah pertama untuk mengatasi permasalahan karbu banjir ialah mencari penyebab terlebih dahulu agar mudah untuk mencari solusinya. Karena penyebab bisa dikarenakan pada saat pemasangan mangkuk karbu kurang kencang atau salah dalam pemasangan.

Sekiranya hanya itu bisa otoplus.id sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi karbu banjir, medkipun terbilang mudah namanya juga masih awam tetap bingung. Jadi sangat disarankan agar dibawa saja ke bengkel, hal terbut untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam mengatasi karbu banjir.

Tinggalkan komentar

Tentang Otoplus.id

Otoplus.id adalah website otomotif Indonesia yang membagikan berita otomotif terbaru dan yang sedang trending selengkapnya....

Sosial Media Otoplus