50 Modifikasi KLX 150 Motocross Keren, Gambar & Rincian Biaya

Otoplus.id – Selain Supermoto, modifikasi KLX 150 paling banyak dipilih adalah Motocross. Alih-alih mendapatkan kepuasan tersendiri dengan memilih konsep modifikasi ini, setidaknya mempunyai motor KLX ala Motocross membuat kegemaran kita akan olahraga Super Moto semakin tinggi.

Yah, memilih merubah karakteristik Kawasaki KLX 150 menjadi motocross tengah ramai diperbincangkan banyak kalangan. Hal ini karena Motocross sendiri merupakan salah satu jenis kendaraan roda dua kategori Special Engine (SE) yang juga banyak digunakan untuk menyalurkan hobi berpetualang.

Menggunakan motor jenis ini, setidaknya berbagai macam medan jalan baik off-road, on-road dan juga jalan-jalan terjal akan bisa dengan mudah dilalui. Bahkan dengan semakin banyaknya peminat motocross, beberapa produsen besar seperti Honda, Kawasaki, KTM, Yamaha pun punya model khusus.

Bagi para pecinta Kawasaki, kalian akan dapat menemukan semua keunikan dan kemampuan unggul motocross pada model KLX 150 ataupun D-Tracker 150. Lalu apa yang harus kita lakukan ketika menginginkan modifikasi KLX 150 Motocross? dan berapa kira-kira biaya yang harus di keluarkan?.

Apa itu Motor Motocross ?

Menganggap bahwa motor Kawasaki KLX 150 merupakan motocross sejati merupakan hal yang sedikit kurang tepat. Pasalnya secara garis besar penamaan motor trail dan motocross jelas memiliki perbedaan berarti meskipun sekilas tampilan dua jenis motor ini sama.

Lalu apa sebenarnya motor motocross itu? Motocross adalah jenis motor yang dirancang, dibuat dan di peruntukan untuk khusus sirkuit. Hal paling umum yang membedakan antara motor trail dan motocross terletak pada bagian dapur pacu mesinnya.

Dengan peruntukannya tersebut, umumnya tenaga atau performa mesin motocross jauh lebih tinggi bila di bandingkan motor trail pasaran, termasuk salah satunya Kawasaki KLX 150. Selain itu, motocross pun dibuat tanpa kelengkapan untuk bisa digunakan di jalan raya baik lampu maupun spion.

Biaya Modifikasi KLX 150 Motocross

Berbeda dari konsep modifikasi KLX 150 Supermoto yang mungkin sering kita lihat pada kontes modifikasi KLX yang mungkin akan lebih terfokus pada bagian tampilan seperti modifikasi KLX Supermoto ataupun Ceper. Untuk bisa membuat Kawasaki KLX 150 dianggap menjadi motocross.

Setidaknya selain merubah beberapa bagian utama, ternyata untuk bisa di anggap sebagai motocross. Kawasaki KLX 150 juga harus sedikit dioptimalkan lagi pada bagian dapur pacu atau mesin yang dimiliki agar memiliki tenaga serta torsi maksimal.

Dari sini tentu bisa kita simpulkan bahwa melakukan modifikasi KLX 150 Motocross akan memiliki budget atau biaya yang hampir setara dengan modifikasi KLX 150 Supermoto yakni ada di rentang antara Rp 5 – Rp 15 juta rupiah untuk satu kali pengerjaan.

Bagian yang Perlu Diubah

Apabila memang kalian lebih tertarik melakukan modifikasi KLX 150 dengan gaya konsep Motocross. Maka seperti kami singgung sebelumnya ada beberapa bagian yang memang perlu diubah atau diganti untuk bisa membuat kesan motocross terlihat nyata.

Ganti/Rubah Bagian Velg

Ubahan pertama yang wajib dan harus dilakukan agar membuat motor Kawasaki KLX 150 punya kesan motocross yakni dengan mengganti bagian kaki-kaki terutama pada bagian velg yang digunakan.

Kalian dapat memilih velg alumunium untuk bisa menonjolkan karakteristik motocross. Namun penggantian velg pun tidak sembarangan, karena ada beberapa standar harus di ikuti.

  • Untuk Olahraga Enduro, maka ukuran velg harus digunakan adalah 18 inci depan & 21 inci belakang.
  • Untuk olahraga Motocross, maka ukuran velg harus menyesuaikan yaitu 19 inci depan dan 16 inci belakang.

Silahkan sesuaikan dan tentukan akan menggunakan konsep dasar mana untuk digunakan. Yang jelas untuk urusan ini kalian harus menyediakan budget sekitar Rp 1 – 3 juta rupiah. Dengan budget tersebut setidaknya akan membuat kalian bisa mendapatkan velg dengan kualitas unggulan.

Ganti Pemakaian Jenis Ban

Bagian lain yang tentu harus kalian ikuti disaat ingin menerapkan konsep modifikasi KLX 150 Motocross yakni bagian ban atau roda. Untuk urusan ini setidaknya siapkan budget sekitar Rp 1 – 3 juta rupiah yah. Karena untuk urusan ban setidaknya kalian bisa memilih mau pakai produk lokal atau impor.

Oya, pemakaian jenis ban pada modifikasi Motocross dari basis Kawasaki KLX pun harus memakai jenis ban tanah atau ban pacul atau sering juga di kenal dengan ban tahu untuk beberapa wilayah/kota.

Ubah Lengan Ayun

Setelah bagian velg dan ban, modifikasi KLX 150 Motocross pun mengharuskan untuk melakukan penggantian pada bagian lengan ayun. Hal ini dilakukan untuk membuat kemampuan ban akan dapat lebih maksimal ketika menerjang medan jalan yang dilalui.

Ada beberapa pilihan lengan ayun dapat kalian gunakan, antara lain lengan ayun milik beberapa jenis motocross dari beberapa brand ternama seperti:

  • KTM
  • Yamaha YZ 125
  • Suzuki RM 125
  • Yamaha CRF
  • Kawasaki KX 150

Bila menginginkan model paling bagus bisa menggunakan lengan ayun dari KTM. Namun harganya bisa dikatakan cukup mahal karena bisa mencapai angkat Rp 4-6 juta rupiah.

Untuk dapat menekan budget, otoplus.id sarankan kalian menggunakan lengan ayun dari beberapa model yang sudah kami sebutkan, karena rata-rata harganya hanya mencapai Rp 2-3 juta rupiah saja.

Ganti Jenis Suspensi

Hal lain yang sudah pasti harus di ganti atau di ubah ketika ingin melakukan modifikasi KLX 150 Motocross adalah suspensi. Selain untuk mengimbangi bagian lengan ayun yang telah di ganti, penggantian suspensi juga dilakukan untuk membuat berkendara semakin lebih maksimal.

Sisi depan sangat disarankan untuk menggunakan model Upside Down (USD). Setidaknya untuk mengganti bagian ini kalian harus menyediakan budget sekitar Rp 6-7 juta rupiah agar bisa menggunakan model terbaik di kelasnya.

Upgrade Dapur Pacu!

Seperti di atas kami singgung, motocross adalah sebuah motor Special Engine (SE) yang tentu memiliki spesifikasi dan kemampuan kerja mesin yang lebih tinggi bila dibandingkan motor trail.

Maka dari itu jika semua hal di atas telah kalian lakukan dan membuat tampilan sangatlah sempurna untuk disebut motocross. Namun apalah artinya semua itu jika bagian mesin sama sekali tidak kalian rombak untuk membuat kinerja yang lebih maksimal.

Oleh karena itu, bila memang menginginkan lebih maksimal, ada beberapa bagian yang perlu diubah pada mesin Kawasaki KLX 150. Bagian-bagian tersebut meliputi:

  • Karburator
  • Blok piston
  • Head silinder
  • Per klep
  • Knalpot

Bila semua menggunakan barang berkualitas, maka kurang lebih harus menyiapkan dana sekitar Rp 5 juta rupiah.

Gambar Modifikasi KLX 150 Motocross

Setelah mengetahui apa itu motocross dan juga apa saja bagian perlu diganti ketika menerapkan gaya modifikasi KLX 150 Motocross dan langsung tertarik ingin menggunakannya. Berikut adalah beberapa inspirasi gambar modifikasi Kawasaki KLX 150 motocross.

Kesimpulan

Silahkan lakukan perubahan dan modifikasi KLX 150 kalian agar bisa menjadi motocross dengan pemilihan spare part yang bagus untuk membuat hasil menjadi lebih maksimal. Jika melihat penjelasan di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa modifikasi ini lebih cocok bila sering ikut ajang balap super moto.

Karena berbeda dari modifikasi KLX ceper yang mungkin lebih bersahabat di kantong. Modifikasi ini membutuhkan biaya tidak sedikit dan semua perubahan pun membuat KLX 150 tidak lagi punya standar kelayakan jalan di jalan raya. Kiranya cukup sekian, silahkan bagikan pendapat kalian tentang konsep atau gaya modifikasi KLX 150 motocross di kolom komentar.

Photo of author

Kevin

Previous

Buku Servis Mobil Toyota PDF : Link Download & Pengertian

Next

80 Harga Ban Tubeless Vario Terbaru & Semua Ukuran 2024

Hubungi Kami

Tentang Otoplus.id

Otoplus.id adalah website otomotif Indonesia yang membagikan berita otomotif terbaru dan yang sedang trending selengkapnya....

Sosial Media Otoplus

© Otoplus.id

Kontak Disclaimer Privacy Pedoman Term