Toyota: Review, Spesifikasi dan Harga Mobil

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Saat ini, Toyota merupakan pabrikan mobil dalam kategori unit sales dan net sales terbesar di dunia. Dalam Indonesia pun Toyota memegang pasar tertinggi dalam bisnis otomotif, khususnya pada kategori kendaraan roda empat. Perusahaan pabrikan terbesar di Jepang ini menghasilkan hampir 8 hingga 8,5 juta unit mobil setiap tahunnya. Namun, siapa sangka Toyota dulunya adalah sebuah pabrik tenun ?

Sejarah Terbentuknya Toyota

Toyota Motor Corporation didirikan sebagai divisi mobil pada tahun 1933. Namun sebelum itu, Toyota merupakan pabrik tenun yang didirikan oleh Sakichi Toyoda. Sakichi merupakan seorang industrialis pertama di Jepang serta menjadi salah satu penemu mesin tenun. Sakichi mendirikan sebuah pabrik tenun dengan nama sama seperti nama keluarganya, yakni Toyoda. Namun lambat laun Sakichi mengubah nama Toyoda karena dianggap kurang menguntungkan, menjadi Toyota.

Sejak kecil Sakichi telah mempelajari ilmu tentang tenun, namun seiring berjalannya waktu ia mulai menyukai otomotif. Kesukaannya pada otomotif inilah yang membuat Sakichi membentuk tim otomotif pada tahun 1933. Divisi perusahaan tersebut kemudian dipisahkan pada 27 Agustus tahun 1937 untuk menciptakan Toyota Motor Corporation yang kita kenal hingga saat ini.

Toyota membuktikan kemampuan produknya sebagai kendaraan serba guna yang tangguh pada tahun 1950 an. Saat itu kendaraan jeep sedang digemari dan sering digunakan di Jepang. Sehingga Toyota kemudian mengembangkan Prototype Land Cruiser, dilanjutkan dengan peluncuran model awalnya pada setahun setelahnya. Model awal yang diberi nama BJ ini memberikan pengalaman seolah sedang mendaki gunung diatas kuda pada test drivernya.

Tak lama berselang, model Cruiser ini mulai masuk ke pasar Amerika, hingga belahan dunia lainnya termasuk Indonesia. Mobil yang masuk di Indonesia dikenal dengan Toyota Hardtop Land Cruiser FJ40/45. Suksesnya mobil model ini membuat Toyota terus mengembangkan model hingga menciptakan model yang menjadi favorit dunia, yaitu sedan kecil.

Di Indonesia merk Toyota bukanlah hal baru, hingga saat ini ada banyak pengendara mobil di Indonesia yang menggunakan jenis Toyota. Toyota pun selalu memberikan jenis-jenis mobil terbaru dengan kenyamanan dan fitur-fiturnya yang semakin lengkap. Kenyamanan dan kelengkapan inilah yang memberikan rasa percaya masyarkat untuk memilih Toyota. Ada beberapa jenis mobil Toyota yang digemari oleh masyarakat Indonesia, berikut rangkumannya.

Model Toyota Agya

Saat ini, Toyota Agya menjadi salah satu city car andalan di Indonesia. Model Agya mengisi kategori mobil terbaik dengan harga murah atau terjangkau. Salah satu yang ditonjolkan oleh model Agya adalah fitur keamanannya yang sesuai standar. Dibekali dengan dual SRS airbag pada semua tipe atau serinya, membuat Toyota Agya memberikan keamanan pengendara lebih terjamin.

Toyota Agya ini dibanderol harga berkisar Rp 100 jutaan, namun tidak berarti spesifikasi yang dimiliki oleh jenis Agya ini patut diragukan. Agya memberikan kepuasan dan kenyamanan pada pengendaranya secara menyeluruh. Hal ini terbukti dengan hadirnya fitur hiburan standar yang terintegrasi dalam sebuah head unit indash, fitur yang memungkinkan untuk memutar musik melalui konseksi USB, AUX, hingga CD.

Model Toyota Rush

Jenis mobil yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia selanjutnya adalah Toyota Rush. Model mobil dari Toyota ini memang tidak perlu diragukan lagi kosistensinya, sebagai salah satu pemain dalam kategori mobil SUV Indonesia. Mobil ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2006 hingga saat ini. Meskipun begitu, nyatanya Toyota Rush masih mampu bersaing dengan mobil lainnya.

Hal ini karena Toyota selalu memperbaharui baik dari mesin hingga desainnya. Harga untuk Toyota Rush pun masih terbilang kompetitif dan dapat bersaing dengan baik, sehingga model ini pun mampu bertahan hingga saat ini. Harga mobil Toyota Rush di Indonesia dibanderol dengan harga Rp 200 juta hingga Rp 250 juta.

Model Toyota Innova

Hingga saat ini, kita pun tidak asing dengan Toyota Innova. Bahkan bisa dibilang di Indonesia sendiri, model ini banyak diminati. Innova adalah salah satu mobil yang melegenda dalam perusahaan Toyota. Pasalnya model ini telah mengaspal di Indonesia cukup lama, sehingga membuat Innova menjadi masuk dalam kategori mobil terlama, namun juga termasuk mobil terbaru. Saat ini harga Toyota Innova berkisar antara Rp 110 juta hingga Rp140 juta.

Versi terbaru dari Toyota Inova memiliki desain yang mewah dan kokoh. Dengan desain tersebut membuat model Innova ini menjadi laku keras di pasaran Indonesia. Sisi depan yang menampilkan kesan maskulin dan sporty, semakin lengkap dengan sisi sampingnya yang elegan dan kekar. Keseluruhan desain yang memberikan rasa maskulin namun tetap mewah dan elegan membuat model satu ini cocok untuk seluruh kalangan.

Model Toyota Avanza

Model ini bisa dikatakan sebagai mobil sejuta umat, hal ini karena bisa kita lihat saat ini saja Avanza masih menjadi raja mobil MVP di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan GAIKINDO Auto Expo pada akhir tahun 2003 lalu serta mulai dipasarkan sekitar tahun 2004, Toyota Avanza masih digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Menonjolkan teknologi dapur pacunya, Avanza menawarkan sistem manual maupun otomatis sehingga memberikan pilihan yang lebih banyak dan beragam kepada konsumen. Toyota Avanza memiliki desain ekteriornya yang stylish dan elegan, Toyota telah memberikan beberapa perubahan pada setiap tipe Avanza. Seperti pada headlamp depan pada versi 1.5 Luxury yang lebih stylish, serta new front aerokit pada type G Luxury.

Dengan tampilan yang semakin meningkat ini tentu menjadi kelebihan yang membuatnya semakin menarik minat pelanggan. Avanza hingga saat ini masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia karena harga jual yang ditawarkan pun cenderung stabil. Harga mobil Toyota Avanza saat ini berkisar sekitar Rp 100 juta hingag Rp 130 juta tergantung merek dan modelnya.

Model Toyota Calya

Jenis Toyota terakhir yang banyak diminati di Indonesia adalah Calya, tampilannya yang mewah dan sederhana membuat Toyota Calya terkesan lebih simple. Kehadiran Calya dirasa cukup menarik terutama dari sisi desain eksteriornya, serta dari kapasitas kabinnya. Calya memang menonjolkan kabinnya yang mampu menampung 7 penumpang sekaligus, meski begitu Calya tetap memberikan ruang gerak yang leluasa kepada penumpang.

Harga Toyota Calya termasuk bersahabat di kantong dengan berbagai fitur terbaik yang di milikinya. Fitur – fitur tersebut lebih tertuju pada dashboard di sektor interior dari mobil LCGC. Fitur seperti audio video system, electric mirror, hingga Eco mode memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengguna. Toyota Calya dipasarkan dengan harga Rp 130 juta hingga Rp 150 juta.

Di Indonesia sendiri, sangat banyak masyarakat yang sudah membeli mobil Toyota karena merasa puas dengan keunggulan mobil tersebut. Banyaknya peminat mobil ini juga membuat Toyota memiliki purna jual cukup tinggi, sehingga anda tidak akan rugi ketika hendak menjual dengan menukarnya dengan versi terbaru. Dengan seluruh keunggulan yang dimiliki oleh Toyota ini, bisa menjadi referensi bagi anda yang hendak membeli mobil.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][jnews_block_1 compatible_column_notice=”” content_type=”post” number_post=”5″ post_offset=”0″ include_tag=”4″ excerpt_length=”20″][/vc_column][/vc_row]